7 Hal Positif Dari Game Untuk Anak


Dampak Positif Dari Bermain Game

Dampak dari seorang anak bermain game sering kali dilihat sebelah mata, terutama di Indonesia. Orang tua selalu berfikir bahwa main game itu membuat anak bodoh dan malas.
Sebenarnya jika orang tua dapat mengawasi anak dalam bermain game dan mengatur waktu main agar tidak berlebihan, game bisa menjadi suatu hal yang positif bagi anak kalian lho.

Berikut ini beberapa dampak positif dari bermain game untuk anak :

1.Mengurangi Stres Anak
Stres tidak hanya di alami para orang tua, tetapi juga anak. Banyak anak-anak yang sudah stres menghadapi pelajaran disekolah yang berat dan tekanan dari orang tua untuk mendapat nilai yang bagus. Dengan bermain game anak dapat melupakan hal-hal yang membuatnya stres membuatnya lebih bahagia.

2.Melatih Kerja Sama Tim
Dengan memberikan anak permainan yang mengharuskan kerjasama tim untuk memenangkan game tersebut, maka itu akan melatih anak dalam kehidupan sosialnya untuk saling bekerja sama untuk menyelesaikan suatu masalah.

3.Membuat Anak Senang
Tentu saja semua anak-anak akan senang jika kita berikan waktu untuk mereka bermain game. Hal ini merupakan suatu hal yang penting agar anak tidak merasa bosan setiap hari nya, akan tetapi orang tua harus tetap memerhatikan waktu anak untuk bermain dan game apa yang dimainkannya.

4.Meningkatkan Kemampuan Belajar
Mengapa game bisa meningkatkan kemampuan belajar? Dengan bermain game yang kompleks akan melatih keterampilan kognitif anak seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan. Bahkan dengan bermain game yang kompleks sang anak bisa menjadi lebih sabar dan kreativ dalam 
memecahkan suatu teka-teki.

5.Koordinasi Mata Dan Tangan
Sebenarnya untuk melatih hal ini olahraga juga merupakan salah satu solusi nya. Akan tetapi anak zaman sekarang yang lebih suka bermain game secara virtual membuat bermain game cocok untuk melatih koordinasi mata dan tangan mereka.

6.Aktivitas Fisik
Pemilihan game yang menggunakan VR dan memilih permainan yang bergenre sport akan membuat anak banyak bergerak dalam memainkan nya. Untuk itu peranan orang tua sangat penting dalam pemilihan game yang baik dan berguna bagi sang buah hati.

7.Melatih Keterampilan Sosial
Seorang anak yang masih kecil cenderung malu dan tidak biasa dalam bersosialisasi dan bertemu teman baru. Oleh sebab itu seorang anak dapat melatih keterampilan sosial nya lewat game online dengan berinteraksi dengan banyak orang yang berbeda secara online.

Nah, itu tadi merupakan dampak positif dari bermain game untuk anak. Semua hal bisa menjadi positif selama kita melakukan nya dengan benar. Sama hal nya dengan bermain game, selama tidak berlebihan dan memilihkan game yang baik sesuai umur anak, maka game tu merupakan hal yang positif bagi anak kita.


Comments

Popular posts from this blog

Daftar Game Balapan Super Duper Fantastis

Game Ringan Terbaik yang bisa kamu mainkan di PC kentang mu!